Skip to main content

Kamus Obat Elektronik #CekObatDulu

Informasi Umum 
  • RxPERT merupakan produk sistem informasi obat dari Infocom Group yang menyediakan informasi obat dan fungsi pemeriksaan resep terkait keamanan obat pada aplikasi Klinik Pintar.
  • RxPERT HANYA menyediakan informasi obat yang pada registrasi BPOM termasuk kedalam Golongan Obat Narkotika, Obat Keras, Obat Bebas Terbatas, dan Obat Bebas. 

Informasi Dasar

Informasi/ Fitur Lanjutan

  1. Zat aktif

  2. Kekuatan sediaan

  3. Rasa (jika ada)

  4. Bentuk sediaan

  5. Rute pemberian obat

  6. Release pattern (jika ada)

  7. Manufacturer

  8. Pendaftar registrasi obat

  9. Golongan obat Golongan Obat Narkotika, Obat Keras, Obat Bebas Terbatas, dan Obat Bebas)


  1. Data kontraindikasi 

  2. Interaksi obat-obat

  3. Alergi obat


  • RxPERT menyediakan informasi dasar untuk semua golongan obat dan tambahan informasi/ fitur lanjutan untuk Obat Keras dan Obat Narkotika. Pada fitur TAMBAH OBAT, hanya obat dengan logo yang memiliki informasi obat di atas.
  • RxPERT TIDAK menyediakan informasi dari produk yang teregistrasi di BPOM/ Kemenkes sebagai:
    • Obat Kuasi, contohnya Borax Glycerine GOM Cito, Salep-24, Caladine Powder
    • Suplemen, contohnya Caviplex, Vitcur, Vitamin B Komplek tablet
    • Alat kesehatan, contohnya Rivanol, Alkohol 70%, Tetes Telinga H2O2 3%
    • Kosmetik, contohnya Bedak Salicyl
  • RxPERT menyediakan informasi obat sebagai penunjang keputusan klinis bagi tenaga medis profesional dan tidak menjamin keputusan akhir terhadap peresepan atau pemberian obat. Harap pastikan bahwa dokter, apoteker, dan tenaga kesehatan profesional lainnya menggunakan data ini dengan mengandalkan kebijaksanaan, pengalaman, dan penilaian mereka sendiri dalam mendiagnosis dan memberikan perawatan medis.
  • Infocom menyusun informasi obat berdasarkan monografi obat dari FDA USA, dipadukan dengan keahlian tim apoteker Indonesia dan Jepang. Kedepannya Infocom juga akan melengkapi informasi berdasarkan monografi obat dari PMDA Jepang.
    Infocom membuat dan memperbarui data RxPERT ketika RxPERT mendapatkan informasi monografi BPOM dan US FDA terbaru. Oleh karena itu, mungkin diperlukan beberapa waktu untuk mencerminkan data terbaru. 
  • Infocom dapat meninjau kriteria/ standar pembuatan data RxPERT. Data dapat ditambahkan atau diubah sesuai dengan kriteria/ standar tersebut. Apabila ada penambahan atau perubahan data, Infocom akan merilis informasi tersebut.  

Fitur-Fitur RxPERT by INFOCOM pada Aplikasi Klinik Pintar

1. Penggunaan fitur pencarian obat di Modul Inventory
    Fitur ini sudah dijelaskan lebih lanjut pada halaman Menambahkan Inventori Obat & BHP

2. Penggunaan Fitur OBAT YANG SEDANG DIKONSUMSI  

Pengguna dapat memasukkan informasi terkait obat yang sedang dikonsumsi pasien (misalnya obat yang rutin dikonsumsi atau obat yang didapatkan pasien dari fasilitas kesehatan lain) dengan mengetikkan nama generik atau nama merek obat pada kolom OBAT YANG SEDANG DIKONSUMSI  

3. Pemeriksaan Alergi Obat
  • Pengguna dapat memasukkan data alergi pasien pada kolom RIWAYAT ALERGI OBAT.
  • Pengguna dapat mencari nama obat yang diinginkan dengan menekan tombol CARI DATA OBAT di kolom RIWAYAT ALERGI OBAT. Pada kolom pencarian yang muncul, pengguna dapat mencari nama obat dengan kata kunci nama generik maupun nama merek obat.  Pada kolom pencarian juga terdapat filter yang dapat digunakan sebagai berikut:
    • Untuk pencarian obat berdasarkan nama merek/ brand/ nama generik dapat menggunakan filter nama produk.
    • Untuk pencarian obat berdasarkan komposisi zat aktif dapat menggunakan filter zat aktif.
      Screenshot 2024-06-11 142644.png
  • Tombol CARI DATA OBAT HANYA dapat digunakan untuk mencari nama obat yang pada registrasi BPOM termasuk kedalam Golongan Obat Narkotika, Obat Keras, Obat Bebas Terbatas, dan Obat Bebas. 
  • Apabila pengguna tidak dapat menemukan nama obat yang dimaksud, pengguna disarankan memilih nama obat lain (bisa obat generik maupun bermerek) yang memiliki zat aktif, bentuk sediaan, dan kekuatan yang sama pada tombol CARI DATA OBAT. Pada RxPERT, obat dengan nama zat aktif, kekuatan sediaan, dan bentuk sediaan yang sama memiliki informasi farmakologis dan profil keamanan obat yang sama.
  • Peringatan alergi obat HANYA tersedia apabila dokter meresepkan obat golongan Narkotika atau Obat Keras dan berlogo (pada fitur TAMBAH OBAT). 
  • Hasil pemeriksaan alergi obat ditampilkan saat dokter meresepkan obat meresepkan obat (pada fitur TAMBAH OBAT) dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Zat aktif yang sama dengan obat yang diketahui menyebabkan alergi pada pasien (berdasarkan data alergi obat pasien yang diisi di kolom RIWAYAT ALERGI OBAT di rekam medis). Data RxPERT mencakup obat dengan zat aktif yang secara umum menyebabkan alergi obat.
    • Zat aktif yang memiliki golongan yang sama dengan obat yang diketahui menyebabkan alergi pada pasien (berdasarkan data alergi obat pasien yang diisi di kolom RIWAYAT ALERGI OBAT di rekam medis). 
      Penilaian apakah setiap zat aktif obat dimasukkan pada kelompok alergi obat (Drug Allergy Group) dibuat sesuai dengan standar Infocom. Infocom tidak dapat menjamin bahwa semua zat aktif disertakan dalam RxPERT. Berikut adalah pengelompokan alergi obat RxPERT :

Antibakteri

Obat yang mengandung zat tertentu

Obat dengan

kerangka formula yang sama

Obat dengan struktur kimia yang mirip

Penisilin

Makrolida

Oksazolidinon

Obat-obatan yang mengandung Iodin

Pirazolon

Produk-produk Toksin Botulinum

Cefem

Linkomisin

Polipeptida

Obat-obatan yang mengandung Platinum

Anestetik Lokal Tipe Amida

Produk-produk Eritropoietin (Epoetin)

Karbapenem

Kuinolon

Glikopeptida

Obat-obatan yang mengandung Emas

Nitrat / Nitrit

Produk-produk Interferon

Monobaktam

Tetrasiklin

Glisilsiklin


Aminoglikosida

Kloramfenikol

Fosfomisin

Screenshot 2024-06-11 154436.png

4. Pemeriksaan keamanan obat pada kondisi kehamilan dan menyusui.
  • Pengguna dapat memilih kondisi kehamilan atau menyusui dengan mengisi bagian PEMERIKSAAN SUBJECTIVE pada modul REKAM MEDIS.
    Screenshot 2024-06-11 145711.png
  • Pemeriksaan keamanan obat pada kondisi hamil dan menyusui HANYA tersedia saat dokter meresepkan obat golongan Narkotika dan Obat Keras yang berlogo (pada fitur TAMBAH OBAT). 
  • Obat-obat yang tidak terdaftar di FDA USA belum memiliki informasi keamanan pada kehamilan dan menyusui.
  • Pemeriksaan keamanan pada kehamilan dan menyusui disediakan saat dokter meresepkan obat (pada fitur TAMBAH OBAT) dengan zat aktif yang harus dihindari atau dikontraindikasikan pada kondisi hamil dan menyusui pada pasien yang berdasarkan data rekam medis sedang dalam kondisi hamil/ menyusui.
    Screenshot 2024-06-11 151943.png
5. Informasi Kontraindikasi Obat
  • Informasi kontraindikasi obat HANYA tersedia saat dokter meresepkan obat golongan Narkotika atau Obat Keras yang berlogo (pada fitur TAMBAH OBAT). Untuk informasi kontraindikasi obat pada Obat Bebas Terbatas dan Obat Bebas, pengguna dapat melihat informasi pada kemasan obat.
    Screenshot 2024-06-11 152121.png
  • Informasi Kontraindikasi obat dibagi menjadi 9 Kategori, yaitu:

Kategori

Keterangan

Hipersensitivitas

  1. Adanya sensitivitas atau kontraindikasi alergi terhadap obat sejenis (obat dari golongan yang sama dengan zat aktif, bentuk lain dari zat aktif dll), sensitivitas silang (obat dengan struktur yang mirip zat aktif), prodrug, dan metabolit dari zat aktif obat itu sendiri

  2. Kontraindikasi TIDAK termasuk hipersensitivitas terhadap zat aktif obat itu sendiri 

Kondisi Penyakit

  1. Kondisi penyakit apapun, termasuk riwayat penyakit saat ini dan riwayat penyakit masa lalu

  2. Kontraindikasi TIDAK termasuk riwayat penyakit keluarga, hasil tes laboratorium, dan kondisi penyakit karena efek samping

Gangguan Hati

  1. Gangguan hati termasuk penyakit hati, penyakit hati aktif, dan pernyataan yang menjelaskan nilai laboratorium yang menunjukkan derajat disfungsi hati. Untuk penyakit hati dengan nama yang jelas/ pasti akan dikelompokkan ke dalam kategori “Kondisi Penyakit”.

  2. Kontraindikasi TIDAK termasuk kebutuhan untuk memantau fungsi hati selama dan setelah pemberian obat. 

Gangguan Ginjal

  1. Gangguan ginjal termasuk penyakit ginjal, penyakit ginjal aktif, dan pernyataan yang menjelaskan nilai laboratorium yang menunjukkan derajat disfungsi ginjal. Untuk penyakit ginjal dengan nama yang jelas/ pasti akan dikelompokkan ke dalam kategori “Kondisi Penyakit”.

  2. Kontraindikasi TIDAK termasuk kebutuhan untuk memantau fungsi ginjal selama dan setelah pemberian obat, dan pasien yang menjalani dialisis.

Anak

  1. Jika dikontraindikasikan pada salah satu atau semua usia dari 0 hingga di bawah 17 tahun (berusia 0-16 tahun)

  2. Kontraindikasi TIDAK termasuk pada Bayi prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah.

Lansia

Jika dikontraindikasikan pada salah satu atau semua usia dari 65 tahun keatas

Kehamilan

  1. Kontraindikasi kehamilan tidak mempertimbangkan tahapan (trimester) kehamilan. Kontraindikasi termasuk obat-obatan yang perlu dihindari saat kehamilan karena toksisitas janin.

  2. Kontraindikasi kehamilan TIDAK termasuk kontraindikasi yang terjadi selama persalinan dan melahirkan bayi.

Menyusui

Jika dikontraindikasikan pada Laktasi (Menyusui)

Interaksi obat

Jika ada informasi kontraindikasi Interaksi Obat-Obat, Obat-Produk Herbal, Obat-Alkohol, Obat-Terapi radiasi dll.

  • Informasi kontraindikasi obat yang tersedia disesuaikan dengan kategori di atas. Beberapa obat dapat memiliki satu/ lebih/ tidak ada informasi kontraindikasi. Obat-obat yang tidak terdaftar di FDA USA belum memiliki informasi kontraindikasi.
  • Data Kontraindikasi Obat  untuk obat generik pada dasarnya disediakan berdasarkan Data Kontraindikasi dari obat bermerek. 
6. Pemeriksaan Interaksi obat
  • Pemeriksaan interaksi obat HANYA tersedia saat dokter meresepkan obat golongan Narkotika dan Obat Keras yang berlogo (pada fitur TAMBAH OBAT). Dokter dapat memeriksa interaksi obat hingga 30 obat yang diresepkan pada fitur TAMBAH OBAT.
    Screenshot 2024-06-11 160407.png
  • Informasi interaksi obat yang tersedia HANYA yang bersifat severe/ parah (kontraindikasi atau harus dihindari). Informasi yang disediakan adalah obat-obatan yang berinteraksi, saran penanganan interaksi dan mekanisme interaksi obat yang terjadi.
  • Data Interaksi Obat untuk obat generik pada dasarnya disediakan berdasarkan Data Kontraindikasi dari obat bermerek. 
7. Ringkasan informasi obat untuk Dokter dan Farmasi
  • Pengguna dapat melihat ringkasan singkat informasi keamanan obat yang telah diresepkan (pada bagian PEMERIKSAAN PLAN di modul REKAM MEDIS) dengan mengarahkan kursor ke tanda peringatan (!).
    Screenshot 2024-06-11 150328.png
  • Pengguna juga dapat meninjau kembali informasi dasar dan informasi terkait keamanan obat  yang telah diresepkan (pada bagian PLAN di modul REKAM MEDIS) dengan menekan tanda peringatan (!).
    Screenshot 2024-06-11 155121.png

Jika Anda mengalami kesulitan atau kendala dalam Kamus Obat Elektronik #CekObatDulu Anda dapat menghubungi kami melalui whatsapp group yang telah disediakan, Chat bantuan pada sistem, atau chat ke nomor Customer Success kami di 0851-7324-7321